Selasa, 11 Agustus 2015

CANDI KOTES (PAPOH)



CANDI KOTES (PAPOH)

Jika ingin berwisata melihat bangunan candi yang cukup unik, bisa datang  ke kompleks Candi Kotes yang terletak. Candi Kotes adalah sebuah candi yang terletak di sebelah selatan lereng gunung Kelud, tepatnya di Dusun Papuh Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.
Hal yang agak aneh karena berdasarkan namanya pasti kita mengira kalau nama candi tersebut diambil dari nama desa Kotes padahal candi tersebut terletak di Dusun Papuh Desa Sukosewu yang bertetangga dengan Desa Kotes. Menurut ceritanya, konon pada jaman dahulu pada daerah sekitar candi tersebut terdapat sebuah kolam yang berisi banyak ikan gabus, anak ikan gabus tersebut biasa disebut Kotesan, oleh karena itu muncullah sebuah nama yaitu Kotes dan menjadi nama Candi tersebut.
Candi Kotes ini berdiri sejak tahun 1301 Masehi, ini merupakan aset warisan budaya sejarah nennek moyang kita. Candi ini masih sejenis dengan candi Penataran yang terletak di kecamatan Nglegok, Blitar. Walaupun candi Kotes ini tidak terkenal seperti Candi Penataran, namun ternyata lebih tua sekitar 8 tahun dibanding Candi Penataran. Candi Kotes adalah sebuah peninggalan jaman Majapahit yang berada di Desa Sukosewu.
Candi ini terdiri dari sebuah altar dan sebuah bangunan utama di belakangnya. Pada bangunan utama Candi Kotes terdapat beberapa umpak yang biasanya berfungsi untuk menopang atap candi. Kemungkinan atap candi ini terbuat dari bahan yang tidak tahan lama, mengingat komponen-komponen candi yang tidak terpasang hanya sedikit.Batu-batu candi yang tidak terpasang ditata di belakang candi utama bersama potongan arca, umpak-umpak dan yoni. Keberadaan yoni inilah yang menandakan bahwa Candi Kotes bernafaskan agama Hindu.
Candi Kotes terdiri dari dua bangunan yaitu bangunan candi I dan bangunan candi II. Pada bangunan I berupa sebuah batur yang berukuran panjang 3,5 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 1,4 meter. Candi ini terbuat dari batu jenis andesit. Di atas batur terdapat tiga buah bangunan kecil yang berjajar utara-selatan. Bangunan sisi utara dan tengah berupa altar, sedangkan bangunan sisi selatan berupa candi kecil (miniatur candi) yang mirip dengan bangunan candi Jawa Timur yang ramping dan tinggi. Pada bangunan sisi utara bangunan batur (tengah) terdapat pahatan angka tahun Jawa Kuna 1223 Saka atau 1301 Masehi. 
Bangunan candi I menghadap ke barat, pipi tangga bermotif ukel dengan 6 buah undakan/ tangga naik. Bangunan candi I tidak terdapat hiasan (polos). Hanya pada bagian atas pintu masuk dan relung-relungnya terdapat hiasan atau pahatan Kala (Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Timur, 1999/2000: 3-4).
Di depan bangunan candi I paling utara terdapat sebuah miniatur candi yang dibawahnya terdapat hiasan seperti kala.Bangunan candi II berdenah persegi panjang dengan ukuran panjang 7,4 meter, lebar 5,3 meter, dan tinggi 1 meter. Bangunan II terletak di timur (belakang) bangunan I. Pada bagian pipi tangga terdapat pahatan angka Jawa Kuna 1222 Saka atau 1300 Masehi. Diatas bangunan candi II terdapat sejumlah umpak batu bekas penyangga tiang. Selain itu di belakang bangunan II terdapat tinggalan lainnya yang ditata memanjang dari utara keselatan, benda tersebut diantaranya adalah yoni yang ceratnya sudah hilang, bongkahan batu candi, umpak, dan sebagainya.
            Setiap hari Candi Kotes dibuka untuk pengunjung, meskipun jika sedang tidak ada penunggu yang berjaga maka pengunjung bisa tetap melihat langsung, karena hanya diberi pagar yang pendek.

Sumber:


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpPRnwo724q2IpDyNZoNVw-7vX87MzlHokQqm2ixyzXjvnv_KQzYC5XYtFA_nRa1DNIfXMbD6PXJ-26tLDJ2OytR-w0kvD3xHwCJXY6w85nU9RrQwUfhGxapU-W7fEhFEXoUzDelZAkYYF/s320/Foto-0053.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWFkEwRbHF4HSturDjVRxWokMnv-FNPiAbxPt2sSmI1FEPcpNMcjPPYnNpr-0rh-xkYKDjAiFViTBemeHxQnlbv7z26yQ1XFRnyaxDHYv23n4bwAzlKZz2R79dnRHwhPysJyTjtWVrr3Mu/s320/Foto-0052.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIZNm4v1r7wZkalzoGuGOFw_TmPoKiroXX5aWFw0lQG-M8uce73SE9xpzuhNBXRghzWvNi12PGcVnbM1itMk6PVOcWXQvGzCloHsHABauQ1jaR2LmzpM_xNXIO9HRJT55jL9ZMiq3QU2nW/s320/Foto-0064.jpg

Tidak ada komentar :

Posting Komentar