Selasa, 11 Agustus 2015

WISATA ALAM PACUH PENATARAN



WISATA ALAM PACUH PENATARAN

Trend masyarakat saat ini yang gencar untuk mengunjungi destinasi pariwisata yang ada di daerahnya merupakan peluang yang sangat baik untuk pengembagan pariwisata, termasuk di Kabupaten Blitar. Untuk meningkatkan peran kepariwisataan, sangat terkait antara barang berupa obyek wisata sendiri yang dapat  “dijual “ dengan sarana dan prasarana yang mendukungnya yang terkait dalam industri pariwisata. Usaha mengembangkan suatu daerah tujuan wisata harus memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan suatu daerah tujuan wisata. Faktor-faktor itu terkait lima unsur pokok yang harus ada dalam suatu daerah tujuan wisata, yang meliputi obyek dan daya tarik wisata, prasarana wisata, tata laksana, atau infrastruktur serta kondisi dari masyarakat atau lingkungan.
Wisata alam Pacuh menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat saat ini, karena konsep back to nature semakin di gemari karena apapun yang berhubungan dengan alam dianggap mampu untuk me-refresh-kan kembali pikiran setelah penat dengan aktivitas sehari-hari. Lokasi obeservasi berada di Wisata Alam Paco (Pacuh/Pacoh), yang terletak di Dukuh Paco, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. tempat wisata alam ini berjarak sekitar 14 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Blitar. Saat ini Wisata Alam Paco dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII Bantaran, afdeling (bagian) Penataran. Wisata Alam Paco terdapat di area seluas sektar 3,2 hektare.
Wisata Alam Paco merupakan salah satu aternatif destinasi pariwisata di Kabupaten Bitar. Terletak di sisi utara wilayah Kabupaten Blitar, ini menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Dengan tiket masuk sebesar Rp.3000, pengunjung sudah bisa memasuki area wisata ini.  Keindahan alam menjadi daya tarik utama di wilayah wisata alam Paco ini. Ketika mulai memasuki kawasan wisata ini, pengunjung sudah dimanjakan dengan pohon-pohon besar yaitu pohon karet bolu yang sudah berusia ratusan tahun. Hawa sejuk karena rindangnya oleh pepohonan memberikan atmosfer yang berbeda, terdapat beberapa gazebo di area wisata alam Paco ini. Pada hari biasa terdapat sekitar 20-50 pengunjung setipa harinya terutama pada sore hari.  Sedangkan pada akhir minggu, pengunjung bisa mencapai 100-200 orang. Lokasi wisata alam Paco ini buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB.  Secara umum, lokasi wisata alam Paco ini terdapat 4 bagian utama yang menjadi titik sentralnya, yaitu bagian depan, bagian telaga, bagian taman, dan bagian sadranan. Bagian depan dimulai dari gerbang masuk di area pintu masuk. Pada bagian ini terdapat beberapa pohon yang sangat besar dengan ranting yang seolah dibiarkan liar dengan ukuran yang sangat besar. Pohon ini dari jenis pohon karet bolu. Selain itu ada gazebo yang berfungsi sebagai tempat untuk bersantai. Di sebelah pohon karet bolu juga terdapat pohon bamboo yang memperindang area pertama ini. Di area ini terdapat anak tangga yang menghubungkan dengan bagia kedua, yaitu telaga.
Setelah itu kita dapat menemui telaga, dimana kegunaan telaga ini utuk irigasi dan untuk supplay air bersih PDAM.  Telaga ini memiliki area yang cukup luas. Sejak tahun 2010, telaga ini juga digunakan sebagai area pemancingan serta area bermain perahu bebek. Di telaga ini juga terdapat ratusan ikan mujair, yang mana ikan ini ditemukan oleh orang blitar. Bagian ketiga dari wisata alam Pacuh adalah taman yang terletak disebelah barat dari telaga. Taman ini berisi beberapa tanaman hias dan rumput hijau yang terawat dengan baik. Pada bagian tengah taman terdapat kolam ikan. Kolam ikan dan jembatan yang terbuat dari bambu  juga terdapat dibagian sebelah utara.
Wisata alam Paco dibawah naungan PT. Perkebunan Nusantara XII Bantaran afdeling Penataran. Oleh karena itu wisata ini sudah ada pihak investor yang sudah mengelola. Hal ini semakin mudahnya untuk meningkatkan serta memperbaiki fasilitas yang ada untuk menambah kesan dan kenyamanan para pengunjung sehingga mereka tertarik untuk berkunjung kembali.
Sumber:



wisata alam paco blitar (3)

wisata alam paco blitar (4)
wisata alam paco blitar (6)


wisata alam paco blitar (13)

wisata alam paco blitar (11)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar