Selasa, 11 Agustus 2015

Sirahkencong, Kembaran Puncak di Kabupaten Blitar



Sirahkencong, Kembaran Puncak di Kabupaten Blitar

Kalau Anda menginginkan berwisata ke daerah pegunungan yang berhawa sejuk dan punya pemandangan hijau yang bagus, seperti di Puncak Bogor , tidak usah jauh-jauh pergi ke sana. Datang saja ke Perkebunan Sirahkencong (Serah Kencong) yang terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar yang termasuk dalam areal perkebunan teh Persero Perkebunan Bantaran PTPN XII. Lokasinya kurang lebih 36 km ke timur dari pusat Kabupaten Blitar. Perkebunan ini berada di lereng barat daya Gunung Kawi pada ketinggian kurang lebih 100 M dari permukaan laut. Untuk mencapai tempat ini bisa dijangkau dengan 2 jalur, jalur pertama melalui Kecamatan Wlingi dan jalur kedua melalu sisi timur yaitu melalui Kecamatan Doko.
Sirahkencong, perkebunan teh yang ada di desa Ngadirejo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Berjarak kurang lebih 36 km ke timur dari pusat Kabupaten Blitar. Jadi, kalau dari Kota Blitar, kita harus menuju lurus saja sampai pertigaan lampu merah Wlingi. Dari situ, kita ambil arah ke kiri dan mengikuti rambu-rambu jalan yang ada (arah Semen dan Kota Batu).  Sesampainya di Wlingi, rute perjalanan belok ke arah Pasar Semen. Dari pasar Semen belok kanan dan anda tinggal mengikuti jalan, karena hanya ada satu jalan di situ. Perjalanan tanjakan dengan jalan bebatuan di banyak titik mengharuskan anda menggunakan kendaraan yang cukup tinggi, supaya kendaraan tidak tersangkut di batu jalanan. Selain itu pastikan pengemudi mobil/motor anda cukup mahir apabila naik ke arah Sirah Kencong.
Waktu tempuh sekitar 90 menit dari pusat kota Blitar. Jarak dari Blitar kota ke Sirah Kencong sebenarnya tidak terlalu jauh, namun akses jalan yang sulit membuat perjalanan menjadi lambat. Karena Sirah kencong sendiri berada di area pegunungan Kawi lumayan yang sulit dijangkau.
Adapun wisata alam yang biasa dikunjungi oleh wisatawan antara lain Perkebunan Teh dan Air Terjun Sirahkencong. Meski di area ini juga terdapat candi, namun kurang begitu menarik wisatawan.
Pemandangan di perkebunan teh ini, sangatlah mencengangkan dan menakjubkan bagi wisatawan yang mengunjunginya, hamparan luas perkebunan teh yang berwarna hijau dan berbukit membuat para wisatawan enggan untuk cepat-cepat meninggalkan tempat ini.
Selain itu air sungai yang mengalir di perkebunan ini sangatlah bening dan dingin sehingga wisatawan atau anda yang berminat mengunjungi tempat ini akan merasakan kesejukan, kedamaian dan keindahan tanpa bosan. Perkebunan Bantaran PTPN XII juga menjajakan beberapa hasil produk unggulan tehnya dengan merk “Ken Tea” sehingga wisatawan dapat membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Namun ada tips khusus ketika berwisata ke Sirahkencong agar nyaman saat bepergian ke Sirahkencong, antara lain sebagai berikut.

§  Gunakan kendaraan dalam kondisi prima dan kuat untuk jalan menanjak bebatuan
§  Usahakan tidak menggunakan kendaraan matic, karena akan kesulitan
§  Apabila anda menggunakan mobil pendek, resiko tersangkut batu saat jalanan menanjak sangat besar, gunakanlah mobil yang cukup tinggi untuk jalanan berbatu dan menanjak
§  Pastikan bahan bakar kendaraan anda mencukupi untuk naik dan turun selama perjalanan.
§  Selalu sedia jas hujan apabila anda datang di musim hujan, karena di hutan pun anda membutuhkan jas hujan agar tidak kehujanan
§  Bawalah bekal minimal air minum sebelum tracking hutan menuju lokasi.
§  Usahakan memakai celana panjang saat dan sepatu apabila akan melakukan tracking, karena ada lintah/pacet yang bisa menghisap darah anda kapanpun dan di manapun.
Jadi tunggu apa lagi? ini wisata yang murah meriah serta bagus buat travellers ataupun sekedar melepas penat. Dijamin tidak rugi.


Sumber:  


Foto BOLO - BOLO BLITAR.
Foto BOLO - BOLO BLITAR.
Foto BOLO - BOLO BLITAR.https://travellers2009.files.wordpress.com/2009/07/sirah-kencong-2.jpg


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWNY8HR7cH6f0c7yPWI6O-enLGQcv1Z3_eVgK_e-vPjGoi3kMW6EY3c-6ut8Mv_IYvJzumwak_FvZj2OFuWQswS7nXkbsapn-OHVsEyjsksYOgp_-r2wivCg2LCtr4x0ruuJf5USqZMCtn/s1600/wpid-Blitar-Punya-Destinasi-Wisata-Air-Terjun.jpg

Tidak ada komentar :

Posting Komentar